Others

5 Penyebab Umum Kenapa Mesin Mobil Brebet Saat Digas

Summary

Masalah pada mesin mobil yang akan langsung berpengaruh pada kenyamanan pengemudi sangat banyak sekali ditemukan salah satu contohnya adalah kondisi dimana mobil ketika dinyalakan brebet apalagi ketika digas sedikit bunyinya semakin besar. Indikasi yang paling gampang adalah ketika anda menjalankan […]

5 Penyebab Umum Kenapa Mesin Mobil Brebet Saat Digas

Masalah pada mesin mobil yang akan langsung berpengaruh pada kenyamanan pengemudi sangat banyak sekali ditemukan salah satu contohnya adalah kondisi dimana mobil ketika dinyalakan brebet apalagi ketika digas sedikit bunyinya semakin besar.

Indikasi yang paling gampang adalah ketika anda menjalankan mobil kemudian menekan pedal gas bunyi brebet ini keluar kemudian mobil akan berjalan beberapa saat setelahnya mati lagi begitu juga seterusnya.

Kondisi ini tentu saja harus anda cepat cari tahu masalahnya kemudian dibenerin dengan lebih cepat juga, karena kalau dipaksa gunakan akan memberikan efek berbahaya bagi penumpang atau pengemudi sekaligus akan menambah parah kerusakan pada mobil anda.

Sekarang mari kita coba ulas satu persatu apa saja yang menjadi pemicu kondisi mesin mobil brebet ini dan bagaimana mengatasinya.

  1. Penyebab yang pertama bisa datang dari busi mobil anda.

Busi mobil yang mengalami masalah bisa jadi menjadi pemicu utamanya dilain banyak faktor yang harus anda lakukan pengecekan nanti.

Jika pada busi, maka kami sarankan anda lakukan pengecekan pada bagian pemantik busi, apakah masih dalam kondisi normal tempatnya atau terlalu rapat dan bergeser.

Masalah pemantik ini juga sederhana biasanya karena terlalu lama menggunakanya atau masalah lain misalkan mobil anda sudah kena banjir kemudian trendam dan kondisi pemantik ini sudah sangat kotor sekali.

Jika pemantik sudah tidak bekerja dengan sempurna, maka proses pembakaran yang terjadi pada bagian mesin juga tidak akan terjadi dengan baik, al hasil tenaga mobil untuk berjalan lemah dan bisa sama sekali mati total.

Bagaimana cara mengatasi masalah mobil brebet dengan faktor ini sangat sederhana sekali anda bisa lakukan beberapa cara yang pertama adalah memastikan celah busi masih terjaga dengan patokan dasar untuk busi biasa jarak celah normalnya yakni 0,6mm – 0,7mm, sedangkan untuk busi iridium/platinum kami sarankan anda ganti yang baru saja.

  1. Kabel busi bocor

Kalian juga bisa cek kondisi arus kabel busi pada bagian ini, jika kondisinya normal maka sudah skip saja, akan tetapi masalah kerap terjadi ketika kabel busi ini bocor maka akan menimbulkan mesin mobil brebet juga.

Cara sederhana melakukan pengecekan apakah kabel busi mobil anda bocor atau tidak adalah coba nyalakan mesin mobil dalam posisi idling di ruangan yang tidak begitu terang dan gelap, setelah itu sekarang anda bisa lakukan cabut ujung kabel busi nah sekarang anda bisa cek secara lansgung apakah bocor atau masih normal.

Saran saya, daripada anda melakukanya sendiri lebih baik ke bengkel saja karena ini masuk dalam sisitem klistrikan mobil dan harus berhati hati dan biasanya kalau sudah bocor tidak bisa dibenerin lagi kecuali anda mengganti dengan kabel busi yang baru.

  1. Bisa jadi ada masalah pada koil

Koil sendiri juga bisa anda jadikan sebagai target pemeriksaan jika kondisi mobil anda tiba tiba brebet saat digas.

Ketika resistensi semakin tinggi pada koil mobil maka akan bedampak pada aliran listrik yang akan menuju mesin menjadi berhenti dan tersumbat.

Sebagai informasi tambahan jika anda berdomisili di Jawa Barat maka kami sarankan langsung saja cek semua mesin anda sampai tanyakan dengan detail sekaligus lakukan ganti oli tanggerang jika diperlukan disana sangat banyak bengkel yang berkompeten.

  1. Cek kondisi saringan bahan bakar

Kompleks memang masalah ketika mobil sudah menunjukan indikasi seperti ini, sebabnya juga sangat banyak sekali sederhana misalkan dari jarangnya anda ganti oli mobil sampai lama kelamaan akan bedampak pada saringan bakan bakar yang rusak bisa saja terjadi.

Padahal harga ganti oli saat ini tidaklah mahal, maka jangan pelit dalam hal perawatan berkala mobil sehingga anda lama menggunakanya.

Rusaknya saringan bahan bakar sendiri idealnya karena faktor dari bahan bakar yang anda gunakan bisa oplosan atau sudah tercampur jat lain seperti air dan minyak tanah.

  1. Injektor kotor dan bermasalah

Kemudian tidak kalah penting dalam mencari sebab mobil menjadi brebet anda bisa cek juga fungsi dari injektor mobil anda.

Kondisi yang kotor pada komponen ini sudah jelas akan membuat masalah pada proses pembakaran dan mesin yang kurang efektif dalam menjalankan mobil.

Jika injektor kotor, maka fungsi utamanya sebagai jembatan pengalir bahan bakar ke mesin akan tidak berfungsi dengan baik, priksa kondisi lubang injektor sedetail mungkin perhatikan apakah ada penyumbatan dibagian ini.