Others

Penyebab Aki Mobil Bisa Rusak dan Pertimbangan Membelinya

Summary

Mengelami kendala dan masalah terhadap mobil merupakan suatu kerugian besar, dari segi waktu maupun biaya jelas akan terkena. Salah satu bagian komponen mobil cukup sering terjadi masalah bila tidak teliti pemeriksaan adalah aki dimana menjadi soak atau rusak. Normalnya penggunaan […]

Penyebab Aki Mobil Bisa Rusak dan Pertimbangan Membelinya

Mengelami kendala dan masalah terhadap mobil merupakan suatu kerugian besar, dari segi waktu maupun biaya jelas akan terkena. Salah satu bagian komponen mobil cukup sering terjadi masalah bila tidak teliti pemeriksaan adalah aki dimana menjadi soak atau rusak. Normalnya penggunaan aki mobil adalah umur sekitar dua tahun sejak pergantian sehingga durasi tetap terjaga. Namun, terkadang justru bisa mengalami masalah pada bagian satu ini.

Sebagai pemilik mobil, tentu ingin mengetahui alasan mengapa mobil miliknya bisa mengalami permasalahan pada bagian ini. Sebenarnya ada beberapa faktor dimana sebagai pengguna mobil kurang menyadari bahwa hal tersebut bisa mempengaruhi aki. Namun, hal paling penting adalah terkait jarang melakukan pemeriksaan rutin terhadap bagian tersebut. Karena kadar air pada aki hingga kemampuan voltase harus diukur secara waktu tertentu agar tetap stabil.

Mengenai Penyebab Aki Bisa Rusak

Tentu bila membahas aki, harga aki mobil sekarang cukup tinggi apalagi jenis kering lebih banyak digunakan ketimbang basah. Walau begitu, tetap harus melihat seberapa sisa tinggi air dalamnya agar mengetahui seberapa tinggi atau sisa voltase untuk menyalakan mesin. Namun, bila terkadang sampai jarang melakukan perawatan atau setidaknya pemeriksaan, maka dampaknya akan merugikan tentunya.

Berikut adalah beberapa hal penting mengenai penyebab paling sering terjadi dan menyebabkan aki malah menjadi rusak :

  1. Tingkat penggunaan mobil

Memang pada dasarnya mobil juga perlu digunakan secara rutin, namun pada beberapa kasus terjadi terlalu sering dan memberatkan. Memberatkan disini menuju pada tingkat jauh dan lama durasi penggunaan dimana membuat kinerja aki terlalu berat. Pastinya akan membuat air dalam aki cepat habis, alhasil mobil justru akan berhenti dan menjadi mogok. Itulah mengapa pada panduan, dalam menggunakan mobil tetap harus sewajarnya.

  1. Jarang digunakan

Pastinya ada pertanyaan seputar apakah dampak jika jarang menggunakan mobil terhadap komponennya. Selain terlalu berat juga bisa merusak, terlalu jarang juga bisa membuat kondisi dan performa dari mobil menurun. Alasannya tentu akibat arus listrik kurang mumpuni sehingga membuat aliran listrik justru tidak tersalur dengan baik. Sebaiknya memang tetap memanaskan mobil dan gunakan sekalipun tidak terlalu sering agar performanya stabil.

  1. Kelalaian pengguna

Biasanya kesalahan paling sering terkait kelalaian adalah berkaitan dengan kebiasaan seperti tetap menyalakan mesin dan jarang mematikan dalam durasi lama. Selain itu, mematikan lampu utama mobil juga bisa memakan kapasitas aki sendiri sehingga justru membuat cepat rusak. Karena aki memang sebagai penyalur listrik utama, tentu bila kurang benar dalam melakukan beragam hal seperti cas ponsel atau sebagainya akan mempengaruhi kondisinya.

Sebagai pemilik mobil, pastikan agar beberapa hal tersebut untuk perhatikan dan bisa dihindari untuk membuat aki tetap prima. Tentunya bila performa mobil menurun, efek paling jelas terasa adalah berhubungan dengan kenyamanan dan sistem kelistrikan menjadi terganggu. Untuk itu, pastikan agar selalu teliti terkait pemakaian mobil agar setiap penggunaan tetap stabil. Selain itu, ada beberapa pertimbangan tentunya jika harus melakukan pergantian oli.

Pertimbangan Membeli Aki Pada Mobil

Saat ingin membeli aki, tentu harga aki mobil cukup beragam dan akan menguras kantong pastinya. Sebagai pengguna mobil, pastikan untuk selalu menggunakan aki dari brand terkenal atau berkualitas agar tetap menjaga kondisi performa. Sebaiknya periksa aspek ketahanan dan kualitas dimana menyesuaikan spesifikasi akan buku panduan mobil. Dengan begitu, maka aki akan terjamin bertahan dalam waktu lama sejalan dengan pemakaian.

Agar lebih aman, pastikan agar membeli dengan keterangan garansi supaya menjamin kualitas terjamin sehingga bisa digunakan. Sebenarnya garansi normalnya bisa didapatkan ketika melakukan klaim terkait pergantian atau servis dari aki tersebut. Selalu lihat terkait spesifikasi dan kapasitas dimana sesuai dengan kebutuhan mobil, dengan begitu maka sudah tidak akan terjadi kasus voltase salah pada aki.

Sebagai pemilik mobil, pastikan agar tetap memahami bahwa faktor apapun bisa mempengaruhi dan membuat aki menjadi rusak. Penggunaan sebuah mobil memang tetap harus diperhatikan agar durasi penggunaan aki mobil tetap bisa sesuai dengan standar keterangan seharusnya. Selain itu, bagian lain dari mobil juga tetap bisa terawat dan bisa memberikan kelebihan terkait performa yang responsif di jalanan.